Selamat Datang di Kans Radio Pontianak

Bahaya Kabut Asap Pada Kesehatan

Selasa, 25 Februari 20140 komentar


Ayo Hidup Sehat, hidup sehat dengan menjaga pola makan yang teratur dan bergizi ini untuk menjaga daya tahan tubuh dari segala virus atau gangguan yang di akibatkan oleh lingkungan. seperti yang kita ketahui bahwa di Pontianak ini lagi mengalami yang namanya kabut asap. Kabut asap sangat tebal ketika di waktu malam hari.

Mungkin sudah pada tau dong bahaya yang ditimbulkan dari kabut asap? postingan kali ini di sehat ala kans, kita bakalan membagikan sedikit informasi tentang penyakit yang dapat menyerang kesehatan tubuh kita akibat kabut asap, sekaligus gimana cara untuk tetap sehat walaupun dengan kondisi cuaca yang kurang baik seperti ini.

Kabut Asap ini bisa di bilang sebagai pencemaran udara atau keadaan cuaca yang menghalangi sirkulasi udara hal ini yang mengakibatkan orang-orang untuk susah bernafas, dan hal ini bisa terjadi berhari-hari hingga berbulan-bulan dalam waktu yang cukup lama.

Ada dua jenis kabut asap yaitu :
1. Kabut Asap Fotokimia, kabut asap ini terjadi diakibatkan oleh polutan nitrogen oksida dan hidrokarbon. Nitrogen oksida ini terjadi diakibatkan oleh polusi asap dari kendaraan bermotor atau kendaraan mobil dan sedangkan hidrokarbon ini merupakan sumber energi listrik dan energi panas di bumi (globalisasi). sehingga kedua zat pencemaran tersebut bercampur dan mengalami reaksi fotokimia membentuk ozone.
2. Kabut Asap Industri, kabut asap ini terjadi diakibatkan oleh revolusi industri dan berlimpahnya sulfur dioksida di udara sehigga menghasilkan campuran asap dan sulfur dioksida. seperti kebakaran lahan, gunung berapi atau abu vulkanik, dan Pembakaran batu bara.

Dari kabut asap tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, dan penyakit yang dapat menyerang kesehatan yaitu :
1. Kabut asap dapat mengakibatkan iritasi pada mata sehingga mata terasa perih, hidung, tenggorokan, dan menyebabkan alergi, peradangan dan bahkan infeksi.
2. Kabut asap juga dapat memperburuk asma bagi penderita asma dan penyakit paru kronis lain. seperti bronkritis kronik.
3. Selain itu dapat mengurangi kinerja paru-paru dan menyebabkan seseorang mudah lelah dan mengalami kesulitan untuk bernafas.
4. Kabut asap juga berbahaya untuk anak dan usia lanjut karena mereka memiliki daya tahan tubuh yang rendah akan lebih rentan mendapat gangguan kesehatan.
5. Mengurangi kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi sehingga lebih mudah terjadi infeksi.
6. Bahan polutan asap akibat kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi, kemungkinan juga dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi. sehingga dengan begitu kesehatan kita dapat terganggu.
7. Dan yang harus di waspadai yaitu Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, terutama  karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dan lain-lain penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan (enviroment).

Cukup berbahaya bukan, jadi buat kamu yang ingin tetap sehat harus bisa menjaga pola makanan artinya makan makanan yang bergizi dan makan makanan yang mampu menambah daya tahan tubuh, jangan sembarangan membeli makanan apalagi makanan yang kurang terlindungi dari kabut asap. Selain itu kamu juga harus selalu menggunakan masker saat berpergian keluar agar kabut asap tidak mengganggu pernapasan kita.

cukup sekian postingan kita kali ini di sehat ala kans. dan terus dengarkan Kans Radio Pontianak 88.4 fm
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : [BSI] | Belajar dan Berbagi
Copyright © 2014. Kans Radio 88.4 FM Pontianak - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger